Categories
Istanbul

2020 Tendangan COVID-19 (2)

Keren! Anak Ronaldo Juga Bisa Lakukan Tendangan Bebas Seperti Sang ...

TENDANGAN  COVID-19 (2)

fx. wikan indrarto*)

FIFA bergabung lagi dengan PBB dan WHO, dalam kampanye Tendangan COVID-19 berikutnya, untuk mendukung kampanye #BeActive yang diluncurkan pada Hari Olahraga dan Pembangunan Internasional PBB (the UN International Day of Sport for Development and Peace). Kampanye ini untuk mendorong semua orang menjadi #HealthyAtHome, saat dunia bersatu dalam perjuangan melawan COVID-19. Apa yang perlu ditendang ulang?

.

baca juga : https://dokterwikan.wordpress.com/2020/03/27/2020-tendangan-covid-19/

.

Senin, 23 Maret 2020 yang lalu WHO dan FIFA meluncurkan kampanye bersama untuk komunitas sepak bola global, agar melakukan tendangan pertama yang jitu dalam mengatasi COVID-19. FIFA, badan sepak bola internasional, dan WHO, Organisasi Kesehatan Dunia, telah bekerja sama untuk memerangi coronavirus (COVID-19), dengan meluncurkan kampanye kesadaran baru, yang dipimpin oleh pemain sepak bola terkenal di dunia. Kampanye ini akan menyerukan semua orang di seluruh dunia, untuk mengikuti lima tendangan dan langkah kunci, dalam menghentikan penyebaran penyakit mematikan ini.

.

baca juga : https://dokterwikan.wordpress.com/2020/03/23/2020-solid-lawan-covid-19/

.

Kampanye dengan judul “Pass the message to kick out coronavirus,” mempromosikan lima langkah kunci bagi semua orang untuk melindungi kesehatan mereka sesuai dengan pedoman WHO. Kelima langkah tendangan jitu ini adalah mencuci tangan, etiket batuk, tidak menyentuh wajah, jaga jarak fisik dan tetap tinggal di rumah, jika merasa tidak enak badan .

.

baca juga : https://dokterwikan.wordpress.com/2020/04/03/2020-layanan-medis-non-covid-10/

.

Untuk tendangan kedua melawan COVID-19 ini, WHO merekomendasikan semua orang dewasa yang sehat, agar melakukan tendangan dan aktivitas fisik setidaknya 30 menit sehari dan anak-anak setidaknya 60 menit per hari. Tendangan ini sebagai bagian dari kampanye dengan tagar #BeActive dan tetap #HealthyAtHome. Beberapa aktivitas sehat disarankan agar dilakukan  bersamaan dengan segala bentuk rekreasi lainnya, sehingga kita semua nyaman dan tetap sehat di rumah. Misalnya adalah kelas latihan fisik online, tari-tarian ringan, memainkan video game sepak bola, lompat tali, dan melatih kekuatan otot dan keseimbangan.

.

“Kami sangat senang bahwa penggemar sepakbola global mendukung Hari Internasional Olahraga untuk Pembangunan dan Perdamaian, dengan meminta semua orang untuk #BeActive dan tetap sehat di rumah selama masa sulit ini,” kata Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa António Guterres. FIFA telah meminta komunitas sepak bola, yaitu asosiasi anggota dan klub, juga para pemain dan penggemar, untuk menunjukkan dukungan mereka, dengan mengesampingkan persaingan atau rivalitas mereka menjadi solidaritas baru, sehingga dunia dapat mengatasi ganasnya COVID-19.

.

“Lebih dari sebelumnya, terutama sekarang, kesehatan menjadi hal yang utama,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino. FIFA dengan senang hati mendukung PBB dan WHO dalam memperkuat tendangan kampanye #BeActive hari ini. FIFA juga mendorong komunitas sepakbola global, agar memainkan peran aktif dalam memastikan tendangan pesan tersebut dipahami secara global. Untuk pertama kalinya, kita semua berada di tim kesebelasan yang sama dan secara bersama-sama, dilandasi dengan semangat tim dan energi positif, kita akan memenangkan pertandingan.

.

“WHO dan PBB dengan bangga bekerja sama dengan FIFA dan pecinta sepak bola di seluruh dunia, untuk mempromosikan pentingnya tendangan dan gerakan aktif bagi kesehatan fisik dan mental,” kata Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO. Kampanye #BeActive mendukung dorongan WHO untuk membantu orang tetap sehat di rumah.

.

Kampanye dimulai dengan tendangan seremonial saat petinggu klub sepak bola Real Madrid CF, FC Barcelona, Liverpool FC dan Manchester United FC meminta para penggemarnya untuk mengesampingkan persaingan mereka dan untuk datang bersama-sama memasuki stadion secara virtual, pada tagar #BeActive dalam mengalahkan COVID-19. Klub lain, termasuk Club América, CD Guadalajara, Beijing Guoan FC, Shanghai Shenhua FC, AC Mohun Bagan, FC Bengal Timur, Melbourne City FC, Sydney FC, City Auckland FC, Tim Wellington FC, CA River Plate, Olympique de Marseille, TP Mazembe, CR Flamengo dan SE Palmeiras, juga akan segera bergabung dengantendangan kampanye ini dalam beberapa hari mendatang.

.

Sebagai bagian dari kampanye tendangan COVID-19, para pemain terkenal di dunia membagikan pesan berikut: “Pada saat ini kita harus tetap bersatu. Kita harus menjaga jarak, tetapi kita tidak kehilangan fokus. Kita dapat menunjukkan solidaritas dengan menjadi aktif secara fisik di rumah, agar tetap sehat.”

.

WHO, PBB, dan FIFA telah berkolaborasi secara erat untuk mempromosikan gaya hidup sehat, melalui sepakbola secara global dan meluncurkan 2 buah kampanye “Tendang keluarkan coronavirus (to kick out coronavirus)” untuk melindungi orang dari ganasnya COVID -19. Oleh sebab itu, marilah kita solid bersatu melawan COVID-19, dengan melakukan 5 jenis tendangan jitu dan aktivitas fisik di rumah, yang akan memapu mengirim COVID-19 keluar dari lapangan bola, dengan tagar #BeActive dan #HealthyAtHome.

.

Sudahkah kita melakukan tendangan?

Sekian

Nissan Stadium di pinggiran kota Yokohama, Jepang, menjadi stadion utama World Cup FIFA Jepang- Korea Selatan 1998, yang kami kunjungi pada hari Rabu sore, 23 Maret 2012

Yogyakarta, 9 April 2020

*) Dokter spesialis anak di RS Panti Rapih Yogyakarta, Lektor FK UKDW, Alumnus S3 UGM, WA: 081227280161, penonton sepakbola yang setia

By Fx Wikan Indrarto

Dokter Fx Wikan Indrarto

2 replies on “2020 Tendangan COVID-19 (2)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *