Categories
Istanbul

2019 Remaja Sehat

Hasil gambar untuk remaja sehat

REMAJA SEHAT

fx wikan indrarto*)

Lebih dari 1,1 juta remaja berusia 10-19 tahun meninggal pada tahun 2016, atau sekitar lebih dari 3.000 orang setiap hari, sebagian besar dikarenakan oleh penyebab yang dapat dicegah atau diobati. Kecelakaan dan cidera karena kecelakaan lalu lintas adalah penyebab utama kematian di kalangan remaja global pada tahun 2016. Bagaimana sebaiknya?

Hasil gambar untuk remaja sehat

Selain data kematian tersebut, setengah dari semua gangguan kesehatan mental pada usia dewasa dimulai saat remaja usia 14 tahun, tetapi kebanyakan kasus tidak terdeteksi dan tidak diobati. Sekitar 1,2 miliar orang atau 1 dari 6 populasi dunia, adalah remaja berusia 10 hingga 19 tahun. Sebagian besar sehat, tetapi masih ada banyak kematian dini, penyakit, dan cedera di kalangan remaja. Penyakit dapat menghambat kemampuan mereka untuk tumbuh dan berkembang, hingga tidak mencapai potensi penuh mereka. Penggunaan alkohol atau tembakau, kurangnya aktivitas fisik, hubungan seks tanpa pengaman dan atau paparan kekerasan, dapat membahayakan tidak hanya kesehatan mereka saat ini, tetapi juga kesehatan mereka sebagai seorang dewasa kelak, dan bahkan kesehatan anak-anak mereka di masa depan.

Hasil gambar untuk remaja sehat

Cidera yang tidak disengaja adalah penyebab utama kematian dan kecacatan global di kalangan remaja. Pada tahun 2016, lebih dari 135.000 remaja meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Banyak dari mereka yang meninggal adalah pengguna jalan yang rentan, termasuk pejalan kaki, pengendara sepeda atau pengguna kendaraan bermotor roda dua . Di banyak negara, undang-undang keselamatan jalan perlu dibuat lebih komprehensif, dan penegakan hukum semacam itu perlu diperkuat. Selain itu, pengemudi muda membutuhkan nasihat tentang cara mengemudi dengan aman, sementara undang-undang yang melarang mengemudi di bawah pengaruh alkohol dan obat perlu diberlakukan secara ketat, di antara semua kelompok umur. Kadar alkohol dalam darah harus ditetapkan lebih rendah untuk pengemudi muda, daripada untuk orang dewasa. Direkomendasikan lisensi lulus untuk pengemudi pemula dengan toleransi nol untuk pemabuk.

Hasil gambar untuk remaja sehat

Tenggelam juga masuk dalam 10 penyebab utama kematian remaja global, yaitu hampir 50.000 remaja yang lebih dari dua pertiga dari mereka adalah laki-laki, diperkirakan tenggelam pada tahun 2016. Mengajari anak dan remaja untuk terampil berenang adalah intervensi penting untuk mencegah kematian ini.

Hasil gambar untuk remaja sehat

Depresi adalah salah satu penyebab utama penyakit dan kecacatan di kalangan remaja, dan bunuh diri adalah penyebab utama kedua kematian pada remaja secara global. Kekerasan, kemiskinan, penghinaan dan perasaan tidak dihargai dapat meningkatkan risiko berkembangnya masalah kesehatan mental. Membentuk keterampilan hidup pada anak dan remaja dan memberi mereka dukungan psikososial di sekolah dan lingkungan masyarakat lainnya, dapat membantu mempromosikan kesehatan mental yang baik. Program untuk membantu memperkuat ikatan antara remaja dan keluarga mereka, ternyata juga penting. Jika awal masalah mental muncul, mereka harus dideteksi dan dikelola oleh petugas kesehatan yang kompeten dan peduli.

Hasil gambar untuk remaja sehat

Kekerasan antarpribadi atau kelompok adalah penyebab utama kematian ketiga pada remaja secara global. Ini menyebabkan hampir sepertiga dari semua kematian remaja pria di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Secara global, hampir satu dari tiga gadis remaja berusia 15-19 tahun (84 juta) telah menjadi korban kekerasan emosional, fisik dan atau seksual yang dilakukan oleh suami atau pasangannya.

Hasil gambar untuk remaja sehat

Mempromosikan hubungan pengasuhan antara orang tua dan anak pada awal kehidupan, memberikan pelatihan keterampilan hidup, dan mengurangi akses ke alkohol dan senjata api, dapat membantu mencegah cedera dan kematian akibat kekerasan. Perawatan yang efektif dan empatik untuk remaja yang selamat dari kekerasan, termasuk dukungan yang berkelanjutan, dapat membantu mengatasi komplikasi fisik dan psikologis, akibat kekerasan tersebut.

Hasil gambar untuk remaja sehat

Diperkirakan 2,1 juta remaja hidup dengan HIV pada tahun 2016. Meskipun jumlah keseluruhan kematian terkait HIV telah menurun sejak puncaknya pada tahun 2006, perkiraan menunjukkan bahwa penurunan ini belum terjadi di kalangan remaja. Ini mencerminkan fakta bahwa sebagian besar remaja saat ini, dilahirkan sebelum adanya program pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak, yang menggunakan terapi antiretroviral secara luas. Namun demikian, sebagian besar remaja HIV-positif tidak mengetahui status mereka. Sebaliknya, banyak remaja yang menyadari status HIV-positif mereka, justru tidak menerima pengobatan antiretroviral jangka panjang yang efektif.

Hasil gambar untuk remaja sehat

Salah satu target khusus Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG 3) adalah bahwa pada tahun 2030 harus ada penghentian (should be an end) epidemi AIDS, tuberkulosis, malaria dan penyakit tropis terabaikan, hepatitis, penyakit yang ditularkan melalui air dan penyakit menular lainnya. Mengingat tingginya prevalensi HIV di banyak negara, untuk mencapai target ini remaja perlu menjadi pusat pengendaliannya. Remaja perlu tahu cara melindungi diri dari infeksi HIV dan harus memiliki sarana untuk melakukannya. Akses yang lebih baik untuk tes dan konseling HIV, dan hubungan selanjutnya yang lebih kuat dengan layanan pengobatan HIV bagi mereka yang HIV positif, tentu saja juga diperlukan.

Hasil gambar untuk remaja sehat

Mempromosikan perilaku sehat pada remaja dan mengambil langkah untuk melindungi remaja dari risiko kesehatan, sangat penting untuk mengurangi angka kematian remaja dan pencegahan masalah kesehatan pada masa dewasa.

Sudahkah kita bertindak?

Sekian

Yogyakarta, 17 Januari 2019

*) Ketua IDI Cabang Kota Yogyakarta, dokter spesialis anak RS Panti Rapih, Lektor di FK UKDW Yogyakarta, Alumnus S3 UGM, WA : 081227280161

By Fx Wikan Indrarto

Dokter Fx Wikan Indrarto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *