Categories
Istanbul

2018 CHINA SEHAT

Hasil gambar untuk china

CHINA  SEHAT

fx. wikan indrarto*)

Para pemimpin China di Beijing secara dramatis telah mengubah lanskap ekonomi global. Dengan ‘Belt and Road Initiative,’ China mempromosikan integrasi ekonomi global dengan membangun infrastruktur dan memperluas perdagangan dengan negara-negara seperti Kazakhstan, Rusia dan sekitar lima lusin negara lain di berbagai benua. Apa dampaknya?

 

Hasil gambar untuk china

 

Suatu strategi pembangunan yang diusulkan oleh Presiden China, Xi Jinping yang berfokus pada konektivitas dan kerja sama antar negara Eropa dan Asia (Eurasia), menegaskan tekad China untuk mengambil peran lebih besar dalam urusan global, dengan sebuah jaringan perdagangan yang berpusat di China. Dalam bahasa Inggris, inisiatif ini awalnya disebut ‘One Belt and One Road’ (Satu Sabuk dan Satu Jalan), namun di pertengahan tahun 2016 nama resminya diganti menjadi ‘Belt and Road Initiative’ (Inisiatif Sabuk dan Jalan). Dalam tiga tahun terakhir, fokusnya terutama pada investasi dalam bidang infrastruktur, konstruksi, jalur kereta api dan jalan raya, mobil, ‘real estate’, jaringan listrik, dan material besi dan baja.

 

Hasil gambar untuk china

 

Pakistan telah membangun jalur kereta api baru, pembangkit tenaga listrik dan jalan raya dengan bantuan dana dan ahli infrastruktur Cina senilai $ US 60 miliar. Kemitraan ekonomi tersebut juga meluas ke sektor kesehatan. China dan Pakistan tahun 2017 membangun RS pusat rujukan gawat darurat medis baru, di kota pelabuhan selatan Gwadar, yang bertujuan untuk memperluas layanan kesehatan bagi mereka yang membutuhkan. Gwadar terletak di pesisir Laut Arab dan berjarak sekitar 700 kilometer  ke barat dari kota terbesar di Pakistan, Karachi.

 

Hasil gambar untuk china

 

Tujuan bantuan China di Pakistan adalah untuk meningkatkan derajad kesehatan masyarakat, di daerah di mana akses ke layanan kesehatan dan sanitasi dasar diperlukan, yaitu untuk mencegah wabah penyakit menular. Selain itu, WHO juga memberikan $ US 700 juta untuk proyek di Pakistan setiap tahun, dengan fokus pada perluasan cakupan vaksinasi polio dan menanggapi wabah penyakit Demam Berdarah Dengue dan hepatitis. Pakistan adalah 1 dari 3 negara di dunia, yang belum dinyakan bebas dari penyakit polio.

 

Hasil gambar untuk china

 

Kita layak mencatat upaya China dalam mengintegrasikan pembangunan sektor kesehatan ke dalam kemitraan ekonomi. China memiliki keahlian praktis dan pengaruh ekonomi yang kuat, tidak hanya untuk meningkatkan derajad kesehatan masyarakat di Pakistan, tetapi juga perbaikan kehidupan miliaran manusia lain, di berbagai negara dalam program ‘Belt dan Road’. Dengan pengalamannya menyediakan layanan kesehatan, juga menciptakan akses air bersih dan sanitasi bagi hampir 1,4 miliar penduduknya, China memiliki pengetahuan dan kekuatan finansial, untuk memperkuat sistem kesehatan di berbagai negara lain. Selain itu, juga mampu mendukung perbaikan kehidupan manusia dan pembangunan ekonomi.

 

Seorang anak perempuan meminum air dari sumur yang diduga sudah tercemar bakteri kolera di pinggiran kota Sanaa, Yaman. (Foto:dok)

 

Kontribusi China sebelumnya adalah menyediakan bantuan medis yang sangat dibutuhkan ke Suriah. Juga layanan kesehatan, air bersih dan sanitasi di Yaman, kedua negara berada di wilayah Mediterania, di mana konflik bersenjata telah menyebabkan terjadinya salah satu wabah kolera terbesar di dunia. Lebih dari setengah juta orang di Yaman telah terinfeksi kolera dan menewaskan 1.975 orang pada hari Senin, 14 Agustus 2017. Setiap hari ada lebih dari 5.000 kasus baru dari penyakit yang ditularkan melalui air, di negara yang sistem kesehatannya rusak setelah perang selama dua tahun terakhir. Kolera dapat menyebabkan diare akut, dehidrasi berat, dan kematian.

 

Hasil gambar untuk china

 

Tugas setiap pemerintah adalah menyediakan layanan kesehatan yang aman, efektif dan berkualitas bagi warganya, terutama yang paling miskin dan paling rentan. Dalam menangani penyakit tuberkulosis dan hepatitis yang belum juga selesai, dan memajukan reformasi untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan layanan perawatan primer, China telah menjalankan misi tersebut di dalam negeri. Seperti yang dikatakan Presiden Xi Jinping pada Kongres Nasional ke-19 di Beijing tahun 2017, China bergerak menuju model ekonomi berkelanjutan, yang tidak hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga kualitas hidup bagi semua warganya.

 

Hasil gambar untuk china

 

Sejak setahun yang lalu, telah ditekankan dua prioritas utama di China. Yang pertama adalah cakupan kesehatan semesta atau ‘Universal Health Couverage’ (UHC), sehingga semua orang dapat menerima layanan kesehatan yang mereka butuhkan, kapan dan di manapun mereka membutuhkannya, tanpa menghadapi kesulitan keuangan. Yang kedua adalah mencegah, mendeteksi dan merespon dengan cepat keadaan darurat kesehatan. Faktanya, dua prioritas ini adalah dua sisi dari koin yang sama, karena fondasi UHC adalah sistem kesehatan yang kuat, yang juga merupakan pertahanan terbaik untuk menghadapi wabah dan keadaan darurat kesehatan lainnya.

 

Reformasi kesehatan di China, yang telah memperluas asuransi penjaminan kesehatan hingga lebih dari 95% dari populasinya yang sangat besar, berfungsi sebagai model untuk terbentuknya UHC, pertahanan terhadap keadaan darurat kesehatan, dan bukti bahwa reformasi telah dapat menjangkau segenap warga. Investasi dalam bidang kesehatan merupakan gambaran utama dari kisah loncatan pembangunan di China. Sekarang China miliki potensi untuk mengubah model pembangunan pada 60 negara yang akan dilewati Jalur Sutera Modern, dengan segera memiliki jalan raya beraspal baik dan sistem transportasi antar negara yang modern.

 

Hasil gambar untuk china

 

China akan terus bekerja keras untuk mewujudkan China Sehat 2030, dan untuk meningkatkan kesehatan, menjaga dunia tetap aman, dan melayani warga yang rentan di seluruh dunia. China akan bekerja lebih keras untuk memastikan bahwa proyek pembangunan infrastruktur akan berjalan baik, termasuk kamar mandi umum, persediaan air bersih, RS dan fasilitas pembuangan limbah, serta jalan raya dan stasiun kereta api baru, di berbagai negara.

 

Hasil gambar untuk china

 

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Indonesia, dananya berasal dari China Development Bank (CDB) dan merupakan bagian dari ‘One Belt One Road’, demi terdorongnya pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut. Di situ diprediksi juga akan tumbuh kawasan hunian baru, fasilitas kesehatan dan pendidikan, serta lapangan kerja yang tersedia, bagi segenap warga.

 

China telah dapat membuktikan bahwa, kesehatan adalah sebuah bagian dari pertumbuhan ekonomi dan perdagangan. Dengan ‘Belt and Road Initiative,’ China telah menunjukkan bukti, kehebatan integrasi pembangunan infrastruktur, perluasan perdagangan, dan perbaikan derajad kesehatan masyarakat.

 

Oleh sebab itu, pembangunan infrastruktur yang gencar di seluruh Indonesia, wajib dilanjutkan. Apakah kita sudah terlibat berperan?

 

Di Tembok Besar China 15 Okt 2009100_3633 Sekian

Yogyakarta, 20 Juli 2018

*) Sekretaris IDI Wilayah DIY, dokter spesialis anak, Alumnus S3 UGM, pengajar di FK UKDW, WA: 081227280161

By Fx Wikan Indrarto

Dokter Fx Wikan Indrarto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *